National Scientific Expo 2011






Tanggal 29 sampai 30 Oktober 2011 kemaren, tepatnya hari Sabtu dan Minggu, ada event yang ngingetin gw ama 2 taon yang lalu. Event yang sama tapi saat itu masih ada almarhum sahabat gw jadi panitia bareng gw disana. Event yang banyak anak Unpad sering denger (ya iya orang tiap sore promosi terus depan kampus) yaitu National Scientific Expo atau disingkat NSE ( kalau g mau buang tinta print nan). Awalnya gak kebayang ini acara bakal sesukses kemaren, atau bakal serame kemaren,atau gak ada sama sekali mahasiswa luar Unpad yang dateng, ternyata masih ada kontingen dari Palembang ( IAIN Palembang) yang niat banget ampe dateng sama Dosen ma Pembimbingnya jauh-jauh dari Palembang pake Kapal Laut lagi, tapi yang pasti gw salut ma panitia mau gimana pun caranya tetep ngebuat ne acara bener-bener terlaksana. Event NSE dibagi 2 hari yaitu di hari Sabtu diisi sama Gelar Produk, Lomba Karya Tulis Ilmiah, dan Test Toefel. Sedangkan untuk hari Minggu itu cuma ada Seminar Nasional. Di hari Sabtu gw jadi LO Gelar Produk dan yang bikin gw seneng karena bisa nyobain produk-produk baru anak-anak. Dari 20 stand hanya ada kurang lebih 14 stand, dan beberapa dari stand itu selain nunjukin tentang Teknologi kaya robot pengangkut, pompa hidrolik, atau pupuk Rodensia, ada juga beberapa stand yang nunjukin produk mereka berupa makanan. Ada Goscream (ice cream), Keripik pare, Dodol pisang, Sintake, dan masih banyak lagi. Pas gw cobain satu-satu gw paling suka sama Keripik Pare, gw niatin tuh buat beli abis gw keliling, tapi pas balik lagi ke stand keripiknya udah gak ada ( Anda kurang beruntung Devi, dicoba lagi tahun depan...). Dari ketiga acara itu gw cuma fokus sama Gelar Produk jadi gak tau deh LKTI yang di FPIK ( Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) sama Test Toefel di FASA ( Fakultas Sastra). Sebenernya gw pengen liat tuh, cuma waktu itu gw pake wedges dan gak ada transportasi yang anter gw kesana (sibuk semua) dan kalau misalnya gw jalan bisa-bisa pas balik gw ngesot gara-gara kaki gw bengkak ( Secara jarak gerbang ke masing-masing fakulatas jaraknya lumayan bikin kaki gemeter).
Dihari yang kedua tepatnya jam 07.00 WITA (kebiasaan ngaret), kita para panitia kumpul di Bale Santika buat acara Seminar Nasional bareng Mantan Menristek, Puspitek, dan Guru besar masalah Ekologi. Tema dari seminarnya " Menguak Teknologi di Balik Tradisi", jadi disana para pembicara ngebahas teknologi tradisional yang semakin punah karena banyaknya orang beralih ke teknologi yang sudah canggih saat ini. Selain cuma ngedengerin Semnas pas akhir acara itu di umumin lomba-lomba yang kemaren pas hari Sabtu, dan yang gak gw sangka ternyata yang gelar produk Dodol Pisang jadi pemenang ke1. Dodol pisang itu sebenernya dari program mahasiswa di Desa Sumendang yang tujuan mereka untuk meningkatkan keterampilan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sumedang ( Matkul SOSPED gw kepake juga, ngerti tentang Perekonomian Desa), dan emang gak bisa dipungkiri tuh dodol emang enak banget, beda deh ma dodol biasanya..Jadi kalau lo ke Sumedang wajib tuh nyari dodol itu.

0 komentar:

Posting Komentar