PKL BPPT-Cikole Lembang





Pertama kali ngebayangin bakal PKL di dataran tinggi kaya Lembang rasanya seneng banget, dibanding pas aku lagi KKN di daerAH Ciamis dimana desaku itu dikelilingi sama Pantai. Ngebayangin bakal PKL di Lembang itu seneng banget. Pasti pemandangan nya banyak sama luasnya perkebunan.
Selang waktu beberapa hari aku lupa tepatnya jeda berapa hari dari pulang KKN, aku langsung jalan ke Lembang, bareng sama 2 temen co ku. Untungnya 1 tas besarku mereka bawain sampai ke kosan dekat tempatku PKL. Hari pertama biasalah kita cuma liat daerah sekitar, terus ke tempat nanti kita kerja, sama yang gak boleh kelewat kita jalan ke Tangkuban perahu. Aku kira jalan kesana itu gak terlalu jauh maksudnya gak mesti naek ke atas. Kayanya emang pas se kalao kesana itu pas jogging, tapi kayanya aku gak kuat.
Sebulan disana, waktu yang sangat lama menurutku. Aku bete,bosen,cape pokoknya. Mau nangis gak tau ama siapa. Bukannya pengen ngeluh seh, secara aku kan baru ngerasaiin kerja begituan itu pas PKL. Awal-awal okelah aku kuat tapi lama-lama aku capek sendiri, secara aku tuh cewek sendiri. aku mesti bantuin pekerja di kandang sapi bareng 1 orang pegawai. 1 kandang itu kan banyak banget sapi perahnya, aku harus kasih makan, bersihin kandangnya, ikutan merah, dan yang paling bikin aku kesel aku mesti berangkat jam setengah lima pagi dimana semua orang pas waktu habis saur itu bisa tidur lagi,tapi aku mesti ke kandang yang dimana dinginnya jam segitu di Lembang itu bikin orang males banget keluar. Tapi aku salut ama orang-orang yang udah bertahan kerja di daerah situ yang emang dituntut mesti keluar jam segitu.
Tiap hari itu udara disana selalu dingin, sampai kamar ku aja kaya dipasang AC dan setiap tidur aku mesti pake kaos kaki, dan baju yang kadang aku pake juga samapi berlapis lapis.
dan akhirnya semua itu selesai di 25 hari, aku bahagia banget sapai akhirya aku berharap gak mau kalau punya rumah di lembang, rasanya semua tulang punggungku sakit-sakit kedinginan kalau mesti tinggal disana di waktu lama.
1 hari sebelum kita balik, kita mesti nyiapin persentasi yang bakal diuji di kantor barenan staf-staf kantor tntang kajian yang aku bahas selama PKL. Aku ngebahas tentang pengolahan susu, tau gitu kan harusnya aku hanya kerja di pabrik pengolahannya aja gak mesti aku turun kelapangan segala, tapi menurut peraturan kantor aku mesti ikut merasakan gimana kerja di lapang. Mau gak mau akhirnya aku mesti nurutin, kalau gak nilai ku bisa-bisa gak keluar, yahh walaupun demi 1 sks aku relaaa (lebay)
Tapii aku dapet pelajaran berharga dari itu semua, aku lebih mengetahui proses kerja disana kaya gimana, lebih memperdalam mengenai kajianku walaupun memang waktu 25 itu hari gak cukup tapi seenggaknya adalah bekal sedikit, selain itu aku juga bisa kenal ama pekerja lapangnya dan mereka semua itu nerima kita bertiga welcome banget khususnya PAK Ade...makasih pak atas ilmunya..
Segitu aja cerita PKL aku, masih banyak seh ini cuma intinya aka ^_^ byeee

0 komentar:

Posting Komentar